TRENSDSETTER MASKER MASA KINI, MASKER KEFIR!



Hai Semuanya, Selamat datang di blog DayByDay.. pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai masker, lebih tepatnya masker kefir. 

Apa itu kefir ?
          Kefir adalah produk susu fermentasi yang mengandung organisme probiotik hidup berupa “bakteri”. Kefir ini pada awalnya sering dikonsumsi oleh bangsa persia, mereka mengkonsumsi kefir sebagai minuman untuk menjaga kesehatan tubuh.

          Saat ini, kefir sudah tersebar ke banyak negara, dan sekarang sudah ada di negara kita, Indonesia. Akhir-akhir ini kefir ini banyak diproduksi secara lokal. Selain sebagai minuman kesehatan juga sebagai produk kecantikan berupa masker wajah. Masker kefir merupakan produk perawatan kulit yang sedang tren dan banyak digemari oleh kaum hawa, karena selain harganya terjangkau produk ini diyakini dapat mengatasi berbagai masalah kulit wajah.

          Menurut Dr. Roshini Raj, seorang editor majalah kesehatan Health Magazine yang pada tahun 2015 muncul dalam acara Access Holywood menyebutkan bahwa American Academy of Dermatology telah menegaskan produk probiotik seperti “kefir” dapat dijadikan  sebagai "terobosan kecantikan," terbaru yang berpotensi dapat mengatasi jerawat, rosacea dan kondisi kulit inflamasi lainnya.

Kandungan dan Manfaat kefir ?
          Kefir mengandung bakteri asam laktat  (Lactobacillus, Lactococcus, Leuconostoc, Acetobacter and Streptococcus spp.) dan jamur (Kluyveromyces, Torula ,Candida and Saccharomyces spp.) Bakteri dan jamur ini diselubungi oleh sebuah matriks polisakarida, yang disebut dengan Kefiran yang larut air dan mengandung glucogalactan, sehingga mempunyai aktivitas sebagai  antibakteri, antimycotic and antitumour (Rodrigues et al., 2004). Selain itu Cooper (2015) menyebutkan asam  laktat pada kefir dapat melarutkan lemak pada sel-sel kulit dan dapat mengangkat sel-sel kulit mati.

          Berdasarkan penelitian Chen et al., (2005) dengan konsentrasi asam laktat lebih dari 60 mg/ml dapat menghambat pertumbuhan Propionibacterium acne, yaitu bakteri penyebab tumbuhnya jerawat yang aktif dan stabil pada rentang pH 5-8, menurut Rodrigues (2004) Asam laktat ini akan menurunkan lingkungan pH kulit menjadi dibawah 5 sehingga dapat menghambat pertumbuhan Propionibacterium acne.
Jadi untuk kalian yang mempunyai masalah wajah terutama yang berjerawat, produk masker ini dapat menjadi pilihan skin care routine kalian , Semoga bermanfaat :)

Sumber:
Cooper, Giselle. (2015). Benefits of Kefir. Diakses tanggal 13-02-32107 dari http://www.yourkefirsource.com/kefir-face/ . 

Chen, M. J., J. R. Liu, C. W. Lin and Y. T. Yeh. 2005. Study of the  Microbial and chemical properties of goat milk kefir produced  by inoculation with Taiwanese kefir grains. Asian-Aust. J. Anim. Sci. 18(5):711-715.


Rodrigues, K. L.,  L. R. G.  Caputo, J. C. T. Carvalho, J. Evangelista and J. M. Schneedorf. 2004. Antimicrobial and healing activity of kefir and kefiran extract. Intll J. of Antimicrobial Agents. 25 : 404–408.

Smolyansky, Julie. (2015). What is Kefir. Diakses tanggal 13-02-2017  dari http://lifewaykefir.com/what-is-kefir/ .





Komentar

Postingan Populer